Wisata Daerah Singosari Malang

Singosari merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten malang. Kecamatan singosari berada di sebelah utara malang raya beda dengan wilayah malang selatan yang identik dengan wisata pantainya yang anggun, kecamatan singosari merupakan jalur utama Surabaya – malang dan termasuk jalur termacet di malang, hilang dari kata macet kecamatan singosari mempunyai pemandangan yang elok bagi siapa saja yang berwisata ke sana. Secara geografis kecamatan singosari berada pada ketinggian 400 – 700 Mdpl, jadi udara pada daerah ini terkenal sejuk belum lagi dari sebelah barat terbentang gunung arjuna dengan begitu gagahnya. Nama singosari sendiri berasal dari nama kerajaan yang ada di malang pada masa lampau bernama singhasari yang berkedudukan di singosari, kecamatan singosari memiliki wisata andalan yang berada di kecamatan tersebut.

Budug Asu

Kita akan menjelajahi sebuah bukit yang berada di lereng gunung arjuno, yang kini mulai ramai didatangi pengunjung. Untuk lokasi budug asu berada di desa gunung rejo, kecamatan singosari, kabupaten malang. Jalur untuk menuju budug asu tergolong masih susah, karena jalurnya yang masih bebatuan dan berlumpur. Umumnya budugasu ini merupakan jalur untuk para pecinta motor trail dan offroad. Untuk anda yang tidak menggunakan motor yang berseting untuk jalur ekstream sebaiknya anda menitipkan saja pada warga yang berada di kebun teh wonosari lawang. Kalau sudah pernah ke budug asu pasti kamu akan heran, karena pada bagian puncaknya merupakan hamparan rumput yang amat luas dan perbukitan yang berada di sekitar budug asu dibandingkan dengan puncak gunung lainnya budug asu merupakan puncak bukit yang unik yang berada di jawa timur.

Sumber Biru

Selain terkenal dengan pegunungannya, kecamatan singosari juga terkenal dengan banyaknya sumber mata air yang berada di wilayah tersebut sebut saja sumber biru. Sumber biru ini berada pada kaki gunung arjuna berketinggian sekitar 800 Mdpl. Dari ketinggian tersebut wilayah singosari terkenal cukup sejuk.

Menurut sepeninggal cerita sumber biru merupakan sebuah maat air yang mengeluarkan gumpalan – gumpalan air bewarna biru. Suasana di sumber biru ini sangat sejuk dan nyaman, mirip dengan suasana pegunungan pada umumnya. Ukuran pada sumber ini tidaklah besar namun air pada sumber biru ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau tiba, sayangnya di tempat ini belum dikelola dengan baik. Saya berharap untuk ditingkatkan lagi untuk pengelolaan kedepannya karena sumber biru dapat menjadi tujuan wisata yang berada di kabupaten malang .

Kebun Teh Wonosari

di wilayah kecmatan singosari juga terdapat perkebunan teh yang sudah cukup tersohor di nusantara, sebut saja kebun teh wonosari. Kebun teh wonosari sebagian besar masuk dalam kecamatan lawang yang merupakan sebelah utara dari kecamatan singosari. Yang masih dalam kawasan lereng gunung arjuna, kebun teh wonosari berkisar pada ketinggian 900 – 1.250 Mdpl, dengan luas perkebunan teh mencapai 1.144 hektar, dan juga kebun teh wonosari merupakan kebun teh pertama di jawa timur yang kemudian dijadikan tempat wisata udara di kebun teh ini tergolong cukup sejuk. Selain kebun teh disini juga terdapat wisata semacam flying fox, wall climb, berkuda, painball, dan outbound. Bagi kamu yang ingin bermalam di kebun teh, disini juga menyediakan hotel dan penginapan.

Pendakian Gunung Arjuna

Gunung arjuno atau dalam bahasa indonesia sering dieja dengan arjuna, merupakan gunung berapi kerucut yang berada pada tiga administrasi kota batu, kabupaten malang, dan kabupaten pasuruan. Gunung arjuno merupakan gunung tertinggi di provinsi jawa timur setelah gunung semeru dan gunung raung. Dan tertinggi keempat di pulau jawa. Dengan ketinggian mencapai 3.339 Mdpl pendakian gunung arjuno dapat dicapai dari tiga wilayah yaitu singosari, batu, dan pasuruan. Untuk rute pendakian gunung arjuna para pendaki lebih sering melewati jalur singosari (kebun teh wonosari) dengan waktu pendakian sekitar 8 jam perjalanan.