Tips & Triks Perawatan Mobil yang Baik

Tidak dapat dipungkiri bila beberapa orang yang sudah lama punya mobil tapi belum tahu cara merawat mobil yang baik dan benar seperti apa. Berikut adalah 6 Hal yang patut diperhatikan dalam merawat mobil.

Cara Merawat Ban mobil

Cara merawat mobil wajib kita tujukan pada bagian yang satu ini. Ban yang baik akan berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna. Tapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara merawat ban yang benar. Biasanya penggantian dilakukan secara berkala pada kisaran 5-8 ribu kilometer.

Namun, tidak menutup kemungkinan penggantian ini bisa lebih dari angka tersebut, tergantung bagaimana kita merawat dan pola aktivitas mobil kita sehari – hari. Kalau untuk balap angka segitu memang masuk akal, bila pada penggunaan sehari – hari mungkin bisa lebih.

Selanjutnya cek secara berkala tekanan ban pada mobil Anda, paling ideal seminggu sekali atau bila akan melakukan perjalanan jauh untuk meningkatkan keselamatan berkendara Anda. Bila tekanan pada masing – masing ban tidak sama, maka mobil akan terasa seperti oleng. Perlu diperhatikan bila ban anda sudah tipis jangan sekali – kali berkendara, karena ban ini sangat rawan terhadap kecelakaan ketika hujan.

Cara Merawat Mesin Mobil

Pastikan Cara merawat mobil penggantian sabuk pada mesin diganti tiap 25ribu mil. Pastikan pula bels ini dalam kondisi prima dan layak untuk digunakan. Pada bagian inilah nantinya yang pertama kali menghadapi keadaan extreme diluar ruangan.Penting juga untuk diketahui periksa level oli dan cairan mesin.

Bahan Bakar

Baca lagi buku petunjuk manual penggunakan mobil Anda, apakah mobil tersebut menggunakan bahan bakar beroktan tinggi atau tidak. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap suhu mesin dan keawetan mobil Anda.Bahan bakar beroktan tinggi belum tentu baik untuk mesin mobil anda.

Elektrikal

Sebaiknya anda serahkan kepada ahli pada bagian eletrikal ini bila anda tidak ingin terjadi hal buruk menimpa Anda seperti kejadian Olivia dewi dengan Nissan juke yang terbakar akibat konsleting sistem elektrikal pada Mobil. Bila anda senang modifikasi mobil, sebaiknya jangan memodifikasi pada bagian elektrikal, karena desain dan sistemnya sudah teruji oleh pabrik. Bila untuk bersih – bersih baik juga dilakukan sendiri agar hemat di ongkos.

Cara Mengganti Lampu Mobil

Jangan memaksakan diri bila lampu mobil ada salah satu yang mati. Bila mati dalam perjalanan segeralah cari bengkel mobil atau toko yang menjual lampu sesuai jenis mobil Anda jangan tunggu sampai ditempat tujuan. Seringkali saya menjumpai seorang pengendara mobil yang dengan santainya mengendarai mobil dengan salah satu lampu yang mati, bila berpapasan dengan mobil lain mereka menyalakan lampu jarak jauh. Jangan sampai hal ini anda lakukan demi keselamatan anda sendiri.

Bagian penting lainnya yang perlu diperhatikan, Bila salah satu lampu sen Anda berkedip lebih cepat dari seharusnya, artinya ada lampu yang pecah di dalam. Lampu semacam ini mudah diganti, cukup Anda cari di toko otomotif terdekat.

Bila Anda menggantinya sendiri, jangan pernah sentuh bagian kacanya. Tangan Anda akan menyisakan minyak dan lemak. Bagian ini akan bereaksi dengan halogen yang terdapat di dalam bohlam. Akibatnya, bohlam bisa pecah ketika Anda menyalakan mesin. Warning Lights Meski terlihat sepele, warning lights yang ada di dashboard harus terawat. Lampu seperti indikator bensin, aki, atau panasnya mesin, sangat membantu Anda dalam perawatan. Pastikan saja semua lampu tersebut berfungsi dan menyala sesuai kegunaannya.