Tips Memilih Hijab Yang Sesuai Dengan Aturan

Hijab merupakan kain yang dibuat dengan bentuk segitiga atau segi empat yang memiliki fungsi untuk menutup area kepala, leher, sampai ke dada. Ada juga hijab yang berukuran besar yang bisa menutupi seluruh tubuh wanita yang memakainya. Pemakaian hijab sudah sejak lama dipakai untuk menutupi aurat dari pandangan orang dan bisa juga berfungsi sebagai pelindung dari sengatan cahaya matahari di siang hari serta bisa berfungsi untuk terhindar dari debu dan kotoran. Hijab yang baik adalah hijab yang tidak membentuk tubuh si pemakai. Hijab juga seharusnya tidak mudah tembus pandang jika diterawang oleh sinar matahari. Sebaik-baiknya hijab bisa menutup aurat dengan sempurna tanpa memberikan kesempatan orang lain untuk melihat aurat si pemakai. Berikut adalah tips memilih hijab yang sesuai dengan aturan.

Tips yang pertama agar hijab sesuai dengan aturan adalah kain yang digunakan untuk membuat hijab adalah kain yang tidak mudah diterawang atau biasa disebut mudah tebus pandang. Kain yang mudah tembus pandang sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan bahan untuk hijab. Kain jenis yang seperti ini memang terasa lebih ringan dan sejuk karena benang-benang yang membuat kain ini terbentuk tidak terlalu rapat. Tetapi sebaiknya dihindari atau lebih baik mencari bahan lain yang tidak tebus pandang tetapi masih bisa merasakan kesejukan dari semilirnya angin.

1

Tips yang berikutnya agar hijab sesuai dengan aturan adalah kain yang digunakan berukuran besar dan bisa menutup kepala, leher, dan dada. Hijab sangat baik dan benar pemakaiannya jika sesuai dengan aturan dan mengindahkannya. Lebih baik lagi jika hijab tersebut merupakan hijab besar yang menjuntai dari atas kepala sampai dibawah lutut. Kain yang digunakan juga bukan kain yang mudah diterawang oleh cahaya matahari. Ini sangat bagus untuk menutup aurat dan pastinya tidak akan banyak mengundang tatapan orang lain. Sebaiknya memilih bahan yang tidak menerawang tetapi tetap terlihat tertutup dan tidak kelihatan bagian tubuh.

Tips selanjutnya agar hijab sesuai dengan aturan adalah hijab tersebut tidak membentuk lekuk tubuh atau ketat pada area tertentu. Hijab yang dipakai di kepala biasanya ada yang mengkreasikan agar tetap bisa menutup aurat. Tetapi cara memakai hijab kreasi terkadang membuat bagian tertentu semisal leher menjadi lebih ketat pemakaiannya pada bagian ini. Sebaiknya hindari pemakaian hijab kreasi karena tidak sesuai dengan aturan cara memakai hijab yang benar. Ada baiknya jika ingin tampil menggunakan hijab kreasi carilah yang tutorialnya tidak membuat bagian tertentu menjadi ketat. Pemakaian hijba apapun sebaiknya menutup kepala sampai bawah dada dengan kain yang tidak tembus pandang dan tidak adanya bagian yang ketat karena pemakaian hijab tersebut. Karena hijab yang baik dan benar pemakaiannya longgar dan bahannya tidak mudah diterawang.