Penyebab Bibir Menjadi Kering Dan Pecah-Pecah

Bibir adalah anggota tubuh yang terdapat di area wajah. Bibir juga bisa menjadi daya tarik seorang perempuan terhadap laki-laki. Karena bibir perempuan terbilang bibir yang menarik untuk dipandang apalagi warna merah bibirnya merupakan asli bukan dari warna lipstik. Lak-laki akan senang melihat bibir wanita yang memiliki bentuk yang bagus dan pastinya wanita tersebut tahu cara memilih warna lipstik. Tetapi jangan harap bibir anda menjadi pusat perhatian laki-laki jika bibir anda mengalami perubahan warna menjadi hitam, mudah kering, dan pecah-pecah. Tampilan yang tadinya sangat menarik, tetapi karena bibir mengalami hal-hal tersebut bisa jadi orang akan melihat kekurangan anda dan cepat-cepat memalingkan pandangan. Banyak penyebab Bibir Merah bisa berubah warna, kering, dan pecah-pecah salah satunya karena dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh mengalami kekurangan cairan dari batas normal.

Tubuh manusia yang selama hidupnya memerlukan air, sangat disarankan agar kita bisa merawat tubuh terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi yang sering terjadi di tubuh bisa menyebabkan konsentrasi menurun, proses pencernaan terganggu, termasuk bibir menjadi mengering dan pecah-pecah. Air yang telah kita konsumsi bisa membuat tubuh kita menjadi lembab mulai dari daging sampai kulit luar tubuh. Sebab itu, bibir yang mengering dan pecah-pecah merupakan indikasi tubuh kekurangan cairan. Sebaiknya sangat disarankan tubuh kita selalu diberikan air sebanya dua liter setiap harinya. Ini untuk menjaga agar tubuh selalu lembab dan tidak akan mengalami dehidrasi. Bibir yang pecah-pecah pun bisa teratasi dengan cara ini.

Bibir yang mengalami pecah-pecah juga bisa jadi karena faktor kebiasaan. Kebiasaan yang bisa membuat bibir pecah-pecah adalah bernafas melalui mulut. Udara yang masuk bukan melalui hidung tetapi melalui mulut akan lebih banyak yang masuk. Tetapi konsekuensinya adalah udara akan membuat area mulut dan bibir akan menjadi kering karena terus-menerus dilewati oleh udara. Mulut tidak didesain untuk terus-menerus menghisap udara dan akibatnya adalah area mulut dan bibir menjadi kering. Bibir yang tadinya mulus tanpa kulit yang pecah-pecah dan tidak mengalami masalah, sekarang malah menjadi kering dan mudah pecah-pecah.

Kemudian penyebab bibir menjadi pecah-pecah yang berikutnya  adalah suka menjilati bibir. Bibir yang sebenarnya sudah dilembabkan menggunakan air dari dalam tubuh tidak perlu dijilati agar terlihat lembab. Malahan kebiasaan ini membuat bibr menjadi cepat mengering. Karena air liur sangat cepat menguap, dan kulit yang tadinya dalam keadaan baik-baik saja akan terkena dampak dan menjadi mengering. Sebaiknya hilangkan kebiasaan menjilati bibir karena dampaknya yang tidak baik untuk kesehatan kulit bibir. Karena pelembab yang lebih baik adalah air yang dikonsumsi oleh tubuh. Tubuh dengan sendirinya akan melembabkan kulit bibir sesuai mekanisme yang sudah ada pada tubuh manusia.