Pantai Wediombo, Pantai Indah di Ujung Timur Jogja

Pantai Wediombo dalam bahasa Indonesia berarti hamparan pasir yang luas. Namun jangan membayangkan Anda akan menemukan sebuah hamparan pasir pantai nan luas di pantai ini karena Pantai Wediombo lebih didominasi oleh bebatuan karang yang menonjol di sepanjang bibir pantai. Walau begitu pasir pantai putih khas pantai-pantai di Gunung Kidul tetap menghiasi pantai ini walau tidak  seluas namanya dan sebesar bayangan orang akan pantai ini.

Pantai Wediombo termasuk dalam wilayah Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Cukup jauh dari deretan pantai-pantai lainnya seperti Baron, Kukup, Krakal, dan juga Indrayanti. Walau begitu banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk menukmati segala pesona yang ada di pantai ini. Mereka yang datang umunya dalah wisatawan yang mencari lokasi pantai yang jauh dari keramaian orang. Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa gangguan bisa datang ke pantai ini karena Pantai Wediombo relatif masih sepi dan jarang dikunjungi wisatawan lainnya. Nikmajati segala yang ada di Jogja dengan memilih jenis wisata dan paket tour Jogja murah yang tersedia.

Yang menjadi ciri khas dari Pantai Wediombo adalah susunan gugusan batu karang di beberapa tempat sekitar pantai. Batu karang kerap digunakan untuk berfoto selfie atau wefie para pengunjung karena bentuknya yang unik-unik dan tampak bagus menjadi latar bagi sebuah foto. Selain itu bagi yang hobi memancing pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk memancing. Banyak ikan yang berada di sela-sela batu karang tentu saja menjadi tantangan untuk para pemancing yang ingin menjajal kehebatan dan keberuntungan mereka saat memancing di lokasi ini.

Seperti pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, ombak di Pantai juga sangat besar bisa hingga 3-4 meter jadi aktifitas berenang di kawasan ini tidaklah direkomendasikan. Namun jangan kecewa terlebih dahulu karena masih banyak aktifitas yang bisa dilakukan yaitu bermain pasir pantai atau berburu ikan-ikan hias yang berenang di sela-sela batu karang. Selain itu wisatawan bisa bereneng di kolam-kolam alami yang terbentuk oleh lengkungan batu karang yang menyerupai sebuah kolam besar. Disini pengunjung bisa berenang dengan bebas karena aman dan tidak perlu kuatir terserut oleh ombaj. Hal lainya adalah wiatawan bisa menikmati makanan khas pantai yang ditawarkan oleh masyarakat sekitar dan hal tersebut tentu saja sangatlah menyenangkan.