Cara Menjaga Alam Sekitar

Kita sebagai makhluk tuhan wajib hukumnya untuk mengargai ciptaan tuhan yang lainnya, dengan kita menjaga dan menghargai lingkungan sekitar tentunya alam akan bersahabat dengan kita, ada berbagai macam cara untuk menagkal kerusakan alam yang terjadi dari ulah manusia sendiri maupun faktor alam, di kesempatan ini kita akan membahas tentang cara menjaga alam sekitar kita dengan tiddak merusak lingkungan yang lain. Ada dampak yang ditimbulkan jika kita tidak menghargai dan menjaga alam yang ada di sekitar kita seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan gunung meletus. Merupakan bencana yang ditimbulkan dari faktor manusiawi dan juga faktor alam.

1. Melakukan Reboisasi

Reboisasi ini merupakan kegiatan penanaman kembali hutan yang sudah ditebang.
Kegunaan dari reboisasi itu sendiri :

– Meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara

– Membangun kembali habitat dan ekosistem alam

– Mencegah pemanasan global dengan menangkap karbondioksida dari udara
Reboisasi ini hanya bisa dilakukan pada hutan atau lahan yang kosong atau gundul, hutan yang dimaksud di sini adalah hutan yang sudah ditentukan pada peraturan.
Reboisasi ini erat kaitannya dengan penghijauan. Dengan mencanangkan penghijauan, maka lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal kita menjadi lebih sejuk, ketersediaan air tahan menjadi terjamin dan mampu meningkatkan kesuburan tanah.
Selain itu, dengan adanya reboisasi ini juga berguna menurunkan pemanasan global, atau juga biasa disebut dengan nama global warming.

2. Penanaman Pepohonan Di Bantaran Sungai

Kegiatan ini dilakukan dengan memiliki manfaat agar mencegah terjadinya abrasi yang menyebabkan rumah masyarakat menjadi longsor dan hanyut ke sungai, dengan menanggapi itu rumah warga minimal menanam bunga – bunga di depan teras warga.

Tidak hanya itu saja, dengan hal ini juga bisa mencegah terjadinya abrasi. Abrasi adalah proses pengikisan tanah pantai yang dikarenakan tenaga gelombang laut dan arus laut yang memiliki sifat merusak. Biasanya, abrasi sering disebut juga dengan nama erosi pantai.
Yang menjadi pemicu timbulnya abrasi adalah keseimbangan alam yang terganggu di daerah sekitar sungai atau pantai. Keseimbangan itu dikarenakan oleh manusianya sendiri yang tidak peduli terhadap alam.

3. Menggunakan Sistem Tebang Pilih

Tebang pilih ini istilah yang merujuk pada kegiatan memanen hasil terbaik dan membiarkan yang lain. Biasanya, istilah ini biasa digunakan pada kehutanan, Tebang pilih ini memiliki arti menebang kayu yang berkualitas pada suatu area hutan. Dengan adanya tebang pilih ini bisa memberikan kesempatan untuk area hutan dalam mempertahankan spesies pohon tertentu.

 

Tujuan dari tebang pilih ini sendiri tak lain ualah menjaga keselamatan, baik itu dari segi keselamatan manusia dan juga makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Dengan penggunaan atau penerapan dari sistem tebang pilih ini, bisa memberikan keuntungan yang lebih bagi si penebang. Karena, beberapa kayu yang sudah tua bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Akan lebih menguntungkannya lagi jika pohon yang ditebang merupakan pohon yang bisa diperjualbelikan dan diperlukan bagi kebanyakan orang.

Akan tetapi, ada beberapa kekurangan juga jika menggunakan sistem tebang pilih ini, yang mana produksi menjadi kecil, memusnahkan bakteri yang baik, tenaga kerja yang kian dipersempit hanya membutuhkan beberapa orang saja, dan lebih banyak lagi yang lain.

4. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Hal ini berkaitan erat dengan tidak membuang sampah di sungai, yang membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain dan juga lingkungannya. Dengan membuang sampah sesuai dengan tempatnya, maka kita juga ikut melestarikan dan menjaga alam yang ada di sekitar kita. Manfaat dari membuang sampah pada tempatnya adalah tempat yang ada di sekitar menjadi bersih, tidak ada sampah yang berserakan di mana-mana dikarenakan sampah tersebut sudah dibuang dengan semestinya.

Salah satu contohnya saja adalah plastik. Plastik adalah material yang sulit diuraikan oleh tanah dan apabila dibuang ke sungai, maka akan terjadi penyumbatan pada aliran sungai, inilah masalahnya, banjir akibatnya. Dengan kita membuang sampah pada plastik, itu adalah hal yang terpuji. Bisa saja, kalian memanfaatkan plastik ini didaur ulang lagi untuk dijadikan barang yang lebih berguna.