4 Tips Untuk Mencegah Mabuk Saat Perjalanan

Ketika kita akan berlibur dan berwisata ke suatu tempat baik itu wisata alam ataupun lainnya, pasti kita akan mempersiapkannya jauh – jauh hari sebelum hari H. tujuannya apa? Supaya agenda kegiatan liburan kita bisa jelas dan terjadwal. Kita tidak bingung harus pergi kemana, membawa apa saja, lalu dengan siapa.. hehe . yang pastinya harus mempersiapkan terlebih dahulu ya, ketika perjalanan pun kita harus juga mempersiapkan segala kepentingan yang pasti akan di keluarkan, contoh : biaya, tanda pengenal, dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu, di perjalanan pun kita juga harus mempersiapkan obat – obat an agar tidak sakit. Yang trakhir adalah bagaimana kita mencega mabuk / mual ketika dalam perjalanan, lucu kan ketika kita sampai di tempat wisata yang kita tuju, malah akhirnya sakit karena berawal dari mual / mabuk di perjalanan. Nah kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa kita terapkan agar kita tidak mabuk baik di perjalanan maupun ketika berwisata. Seperti apa ? berikut informasinya.

1. Mengatur Makan dan Istirahat Cukup

Caa pertama agar tidak mabuk saat perjalanan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan secara berlebih – lebihan sehari sebelum perjlananan, makanlah secukupnya atau makan dengan porsi sedikit ketika akan melakukan perjalanan, ini membuat pencernaan menjadi lancar dan enak di tubuh. Yang tak kalah penting lagi adalah istiirahat yang cukup dan berkualitas. Jangan mengonsumsi alhohol ataupun minuman yang berkafein karena efek yang ditimbulkan akan membuat perut anda menjadi kembung, ganti lah minumanber alkhohol dengan air putih yang bisa mencerna makanan dan menyegarkan tubuh saat perjalanan.

2. Konsumsi Jahe Yang diolah

Tips selanjutnya selbelum bepergian agar tidak mabuk adalah dengan mengonsumsi jahe yang sudah diolah ataupun dimasak. Bisa dalam bentuk wedang jahe, es jahe, makanan yang mengandung jahe,

Jahe dikenal merupakan penawar rasa mual. Atau jika mendadak ketika akan berangkat perjalanan dan anda tidak sempat minum atau makan jahe, anda bisa konsumsi jahe dalam bentuk kapsul, obat, kaplet ketika akan bepergian. Jahe akan menyebabkan badan kita terasa hangat dan dada kita lega. Perjalanan wisata anda menjadi menyenangkan tanpa mual dan muntah

3. Melakukan Teknik Pernafasan

Memang cara ini jarang digunakan ketika akan bepergian. Tetapi jangan salah, cara yang bisa dibilang hemat dan tidak membutuhkan biaya ini memiliki manfaat yang tinggi terhadap kelangsungan kondisi tubuh kita saat perjalanan jauh ataupun perjalanan yang menguras waktu di kendaraan.

Anda bisa melakukan teknik pernafasan dengan cara menutup mulut, lalu ambil nafas dari hidung dan lepaskan pelan – pelan selama tujuh hitungan, ulanglah teknik mudah ini selama beberapa kali, dari pengalaman yang ada, pasti rasa mual yang ada di tubuh kita akan hilang dengan sendirinya.

4. Konsumsi Teh Dengan Pappermint

Teknik tradisional dan alami yang trakhir agara mencegah mabuk perjalanan adalah dengan mengonsumsi teh hangat dengan dicampuri pappermint. Caranya adalah dengan memasak teh dan daun pappermint. Diamkanlah selama kurang lebih 10 menit dan minumlah ketika sudah terasa pas, efek yang akan anda rasakan adalah kenyamanan yang ada di perut dan dada kita, karena daun pappermint dan teh yang dikenal sebagai penawar rasa mual yang baik dan cepat. Jika anda akan bepergian, maka konsumsi teh pappermint sehari sebelumnya agar tidak kaget atau malah tidak jadi untuk mengonsumsi. Dan pastinya tetap jaga kondisi tubuh sebelum perjalanan dimulai ya.