3 Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta yang Legendaris

Kabupaten Gunung Kidul memiliki deret pantai yang membentang panjang dari barat ke timur, dari Pantai Baron hingga Pantai Wedi Ombo. Terdapat puluhan pantai yang ada di sepanjang sisi selatan Gunung Kidul. Dengan berkembangnya pariwisata di kabupaten yang terkenal dengan makanan gapleknya ini maka banyak dibuka akses ke pantai-pantai yang sebelumnya tidak bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor.

Diantara pantai-pantai yang ada, ada 3 pantai yang dianggap legendaris karena pantai-pantai ini sangat populer jauh sebelum pantai lainnya dipopulerkan, ketiga pantai itu adalah: Pantai Baron, Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Beberapa tahun yang lalu wisatawan yang berwisata ke Gunug Kidul hanya mengenal ketiga pantai tersebut namun sekarang semuanya telah berubah dan para wisatawan saat ini mengenal banyak pantai di Gunung Kidul. Di artikel ini kami akan merangkum ketiga pantai legendaris ini dan bisa menjadi pilihan saat tour ke Jogja:

  1. Pantai Baron

wisata pantai murah meriah di baronPantai ini terletak di paling barat deret pantai di kawasan Gunung Kidul. Sebuah pantai yang lengkap karena wisatawan bisa bermain air, bermain pasir, berburu kuliner seafood atau ikan segar, melihat aktivitas para nelayan, menyaksikan perahu-perahu yang berjejer rapi di bibir pantai serta melihat panorama pesisir dan laut dari atas mercusuar. Pantai ini sangat terkenal karena lokasinya terdekat dari Wonosari sehingga masyarakat banyak yang datang kesini.

Wisatawan dapat bermain air atau pasir  di pantai ini atau sekedar bersantai-santai melihat aktivitas nelayan atau menyaksikan perahu nelayan yang sedang sandar. Bisa juga berjalan menuju mercusuar yang satu-satunya di Gunung Kidul untuk melihat keindahan alam pantai gunung kidul. Berfoto di mercusuar menjadi favorit para pengunjung karena latarnya yang luar biasa. Setelah lelah, Anda bisa menikmati makanan seafood diwarung-warung sekitar pantai.

  1. Pantai Kukup

wisata-murah-pantai-kukupPantai Kukup dianggap sebagai Tanah Lot-nya Gunung kidul karena terdapat sebuah bukit yang diatasnya dibangun gardu pandang untuk bersantai menyaksikan keindahan pantai, ganasnya deburan ombak atau luasnya samudera. Dibagian bibir pantai terdapat batuan karang yang menjorok ke selatan. Saat air sedang surut, wisatawan bisa menyaksikan biota laut seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil, rumput laut dan lainnya. Oleh karena itu pantai ini dianggap memiliki aquarium biota laut karena kekayaan alamnya.

Jika puas bermain air atau pasir pantai, wisatawan bias berjalan menyusuri sebuah jalan setapak menuju gardu pandang yang berada di atas sebuah bukit karang. Karena bukit ini terpisah maka wisatawan harus menyeberangi sebuah jembatan yang mana dari atas jembatan bisa merasakan ganasnya deburan ombak yang mengantam karang. Tiba di garadu pandang, sebuah pemandangan alam yang luar biasa akan memanjakan mata Anda.

  1. Pantai Krakal

wisata murah meriah di pantai krakalPantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dan terkenal dengan ombaknya yang besar dan ganas. Sebagian pihak menyebut bahwa pantai ini merupakan pantai terbaik di Gunung Kidul karena lanskapnya yang mempesona banyak orang yang melihatnya. Dengan memiliki garis pantai yang panjang banyak orang yang berjalan-jalan menyusuri bibir pantai sembari melihat deburan ombak yang datang tiada henti.

Selain memiliki garis pantai yang panjang, pantai ini juga terkenal sebagai tempat untuk berselancar. Banyak peselancar yang datang ke pantai ini saat musim ombak. Mereka datang unuk merasakan sensasi berselancar di Pantai Kukup ini yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan ganas.

Demikan rangkuman tiga pantai yang menjadi legenda di Gunung Kidul. Walau sekarang banyak dibuka pantai-pantai baru namun hingga saat ini ketiga pantai ini masih dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berwisata ke pantai di Gunung Kidul.